Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

19
Tgl. 22 Desember 2015

Penyebab Mahalnya Harga Buah Ceplukan atau Ciplukan (Physalis) di Pasaran

Pernahkah Anda melihat tanaman dengan buah seperti yang tampak pada video tersebut tumbuh di daerah sekitar tempat tinggal Anda? Bagi Anda y...

Pernahkah Anda melihat tanaman dengan buah seperti yang tampak pada video tersebut tumbuh di daerah sekitar tempat tinggal Anda? Bagi Anda yang lahir di era tahun 1980-an, besar kemungkinan pasti tahu dan tidak asing lagi dengan buah tersebut. Bahkan jika Anda bertempat tinggal di daerah pedesaan, maka saat ini pun tentu kerap kali melihatnya karena biasanya tanaman tersebut dapat ditemukan secara mudah tumbuh di areal kebun, sawah, tegalan, atau juga di pekarangan rumah terbuka yang mendapatkan banyak sinar matahari.

Ceplukan atau ciplukan (physalis); Inilah sebutan atau nama dari tumbuhan yang buahnya lagi heboh naik daun dan menjadi perbincangan hangat di berbagai jejaring sosial karena harganya yang selangit. Bagaimana tidak? Hal ini disebabkan karena harga untuk 1 kg buah ceplukan saja kini mencapai setengah juta rupiah lebih.


Wow…! Harganya lebih dari setengah juta rupiah per kilo? Benar-benar harga yang fantastis bukan? Ya, sebagian orang (termasuk saya) tentu saja akan menganggap bahwa harga buah ceplukan yang seperti itu merupakan harga yang fantastis dan sangat tidak wajar. Hal ini disebabkan karena (di daerah tempat tinggal saya) tumbuhan ini biasanya hidup liar serta dapat tumbuh sangat subur di awal musim penghujan dan bahkan umumnya dianggap sebagai gulma oleh para petani sehingga akhirnya dibabat begitu saja untuk selanjutnya dijadikan sebagai bahan campuran dalam pembuatan pupuk kompos. Oleh sebab itu apabila ingin memakan buahnya pun tentu saja tinggal petik dan gratis alias tidak harus membelinya terlebih dulu.

Buah Ceplukan atau Ciplukan (Physalis)
Lantas kenapa harga buah ciplukan menjadi begitu mahal? Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab mahalnya harga buah tersebut.  Salah satunya yaitu karena di beberapa tempat (terutama di daerah perkotaan) ceplukan telah menjadi tanaman langka sehingga untuk mendapatkan buahnya pun cukup sulit. Oleh sebab itulah akhirnya mendorong terjadinya peningkatan harga karena buah ciplukan memang merupakan herba yang dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan ramuan obat tradisional.

Merujuk dari berbagai sumber disebutkan bahwa ceplukan merupakan tanaman yang seluruh bagiannya dapat digunakan sebagai bahan obat. Berbagai penyakit seperti diabetes, epilepsi, hipertensi, borok, dan masih banyak lagi jenis penyakit yang dapat diobati dengan memanfaatkan ceplukan. Bahkan disebutkan pula bahwa ceplukan juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit kanker. Oleh sebab itu tidak mengherankan lagi bila harganya terbilang tinggi karena ceplukan memang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan tidak mengherankan pula bila ada jenis ceplukan tertentu yang dijadikan sebagai tanaman budidaya yang buahnya diekspor ke berbagai negara.
Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 19 komentar pada artikel ini ▶
07/02/16, 06.37 O

Saya mau jual buah ciplukan kemana ya?

08/02/16, 23.51 O

@Kamila Oke Hwaduh, kalau ditanya tentang hal itu saya juga kurang tahu Sob. Sebab selama ini saya sendiri juga belum pernah melakukannya. Maaf.

10/02/16, 22.11 O

Yg bekerja sama dalam bisnis buah ciplukan.Saya petani buah ciplukan dan alhamdulillah sudah bisa menjual ke beberapa kota lewat suplier yg

12/02/16, 10.42 O

Numpag promo pak ada yag pesan buah cimplukan pesan sama saya bisa juga no hp.082280076100

19/02/16, 22.47 O

Siapa penadax,?

08114851838 mhn d confirmasi yaaa

17/04/16, 22.46 O

sedia bernagai bibit tanaman unggul , ciplukan dll...
082242657727

24/04/16, 17.55 O

Untuk bisnis ciplukan dari batang,daun,akar dan buah.kita siap suplay sesuai kebutuhan 087896638699

24/04/16, 17.57 O

Ok

16/05/16, 16.21 O

di lahan saya banyak tanaman cipluka yg mau order silakan hub 085646008467

02/06/16, 01.51 O

Saya tertarik berbisnis ciplukan, sedangkan saat ini banyak petani dan pembudidaya ciplukan bingung utk masalah pasar atau tdk tahu mau di jual kemana.

Sekarang saya sedang menulusuri pasar eksport melalui teman saya.
Sambil menunggu hasil penelusuran pasar eksport saya butuh info dari petani atau pembudidaya ciplukan utk masalah harga, banyaknya barang, dan lokasi budidaya.

Silahkan kirim info harga, banyak barang, dan lokasi budidaya via sms atau WA ke 085649612602.(Tidak melayani tlp, krn utk sementara yg dibutuhkan hanya data).

Karena masih meraba pasar, saya berharap bisa membuka pasar eksport dan yg pasti menguntungkan utk kita semua.

02/06/16, 21.09 O

@Unknown siap jual buah cecepi/cipluka yang order hubungi: email : aconkbrantakan@gmail.com

11/06/16, 01.46 O

Mohon info untuk jenis ciplukan untuk ekspor atau yang laku dijual di lokal. Dimana bisa beli bibitnya? Berapa harga bibit atau bijinya? Tks
Bisa info ke 081283443663 (wa or sms only)

02/09/16, 18.23 O

di pekarangan rumah saya banyak kok jika musim hujan

02/09/16, 18.26 O

@Wanto Mavro Berarti sama seperti di tempat saya Sob. Terutama saat awal musim penghujan.

08/02/17, 19.13 O

saya sekarang sedang membuka lahan untuk menanam ciplukan. yang mau kerja sama atau menjadi pengepul silahkan hub. 081617726424

26/02/17, 16.56 O

Salam kenal,,,maaf mau nanya kalo mau jual hasil panen ciplukan dimana yah saya dari brebrebes,,ne no hp saya wa 081806305248,,081218585629

26/02/17, 16.58 O

Salam kenal,,,maaf mau nanya kalo mau jual hasil panen ciplukan dimana yah saya dari brebrebes,,ne no hp saya wa 081806305248,,081218585629

26/02/17, 21.43 O

@Galang 20037Salam kenal. Terkait dengan hal tersebut jujur saja saya kurang tahu. Namun demikian coba Sobat baca-baca komentar yang terdahulu karena sepertinya pada komentar terdahulu ada yang menyampaikan tentang hal tersebut.

Yg butuh tanaman ciplukan bisa ke saya 085608036310 dari tanaman liar dan bbrp sy tanam dipekarangan

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog